Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Bangsa Majene

STIKes Bina Bangsa Majene, Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi bekerjasama dengan KOmisi X DPR RI dan STIKes Bina Bangsa Majene dalam menyelenggarakan Sosialisasi Pengenalan Kekayaan  Intelektual Tahun 2023, di Hotel Sinar Mas Polewali Mandar, Sulawesi Barat pada tanggal 18 Oktober 2023.

Ketua Panitia Yulianah Sulaiman, S.Kep.,Ns.,M.Kep dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam membangun pemahaman tentang pentingnya melindungi dan menghargai karya intelektual. Kekayaan intelektual bukan hanya tentang paten, merek, atau hak cipta. Ini tentang bagaimana kita, sebagai masyarakat yang berpengetahuan, memanfaatkan pemikiran dan inovasi kita untuk menciptakan nilai dan kemajuan. Ini tentang penghargaan dan perlindungan atas ide-ide yang muncul dari pemikiran kritis dan kreatifitas kita.

Yulianah Sulaiman berharap acara ini bukan hanya menjadi wadah untuk belajar dan mendapatkan pengetahuan baru, tetapi juga menjadi ajang untuk berbagi ide dan pengalaman dalam menghadapi tantangan di era digital ini. Beliau berharap kesempatan ini digunakan untuk saling memperkaya dan memperkuat komitmen bersama dalam melindungi dan menghargai kekayaan intelektual.

Selain ketua STIKes Bina Bangsa Majene, juga hadir Direktorat Riset, Tekhnologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) untuk memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi Pengenalan kekayaan intelektual. Beliau juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada STIKes Bina Bangsa Majene dan semua panitia yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini dan sebagai perguruan tinggi host dalam penyelenggarakaan sosialisai ini.

Dikatakan idealnya kekayaan intelektual khususnya paten diharapkan dapat menjadi pelindung dari hasil-hasil penelitian yang dilakukan para dosen dalam bentuk hak cipta, paten, merek dagang dan dan lainnya. Dikesempatan itu juga disampaikan pesan Direktur DRTPM agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan berharap semua hasil penelitan yang dilakukan para dosen dapat menjadi invensi dan  bisa berguna bagi masyarakat luas.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi Foto bersama sebelum memasuki kegiatan inti atau materi. Adapun materi pada kegiatan ini, yakni materi pertama tentang 4 pilar kebangsaan dan kebijakan negara terkait kekayaan intelektual oleh Ibu Ratih Megasari Singkarru, M.Sc selaku Anggota Komisi X DPR RI, kemudian materi kedua tentang Sistem KI secara umum dan Pengantar Hak Cipta, Desain Industri, dan Merk oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Amran Laga, MS dari Universitas Hasanuddin dan terakhir Materi ketiga terkait pengantar Paten, desain tata letak, sirkuit terpadu dan rahasia dagang oleh bapak Prof. Dr. Ir. Abu bakar Tawali juga dari Universitas Hasanuddin.

Galeri Kegiatan sosialisasi

https://online.fliphtml5.com/anzpd/dqtw/#p=1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *